R E S E N S I B U K U

 

 

Judul : Sir Alex Ferguson, auto biografi saya.

Penulis : Sir Alex Ferguson

Penerbit :Gramedia pustaka utama

Jumlah halaman : 397 halaman

Tahunterbit : 2014

Penilaianbuku : 10 / 10

 

Sir Alex Ferguson, seorang pria yang lahir pada tahun 1941 di Govan, Skotlandia. Ia menjelajahi dunia kepelatihan dari mulai tahun 1974. Pertama  kali ia melatih di dunia sepak bola, ia menakodai tim East Stirlingshire dan ST Mirren. Dan ia juga sempat membawa tim Aberdeen menjadi juara Eropa pada tahun 1982-1832. Dan ahkirnya ia dipilih untuk melatih di tim besar ini, Manchester united. Ia sudah meraih 38 gelar juara bersama Manchester united. Diantaranya ada Piala dunia antar klub, 13 kali juara liga priemier Inggris, 2 kali juara liga champions dan 5 kali juara piala FA.

Dia memulai timnya dari nol. Dia berjuang untuk timnya dan bisa meraih gelar sebanyak ini. Yang saya takjub saat membaca buku ini adalah perjuangan dan kesabaran Sir Alex untuk bisa dipercaya melatih tim besar seperti Manchester united ini. Ia juga sempat akan dilengserkan oleh management tim, tapi tekad dia untuk membawa tim ini kepuncak klasemen tidak pernah bubar. Dia juga seorang yang sangat dikenal oleh kalangan para fans. Selain juara, dia juga menghasilkan pemain muda berbakat yang menjadi seorang superstar, yaitu Cristiano Ronaldo. Pada tahun 2003, Sir Alex Ferguson memboyong Cristiano Ronaldo “ si budak culun” dari sporting libson. Ia diboyong dengan harga 15 juta euro ( sekitar 178,9 miliar ). Sir Alex pun merubah anak yang mempunyai bakat itu seperti seorang mega bintang di lapangan. Saat David Beckham pergi dari Manchester united ke Real Madrid, seolah supporter menundukkan kepalanya, dan Ronaldo lah yang menggantikan posisinya, dan terbukti ia  bisa menyamai permainan dari David Beckham, suporter pun tidak merasa kehilangan permainan hebat dari seorang David Beckham, karena Ronaldo sudah lebih baik dari dirinya. Ronaldo sudah mendapatkan nikmatnya gelar juara di Manchester united ini. Iasudahmencicipi sembilan kali piala bersama klub. Ini juga ulah Sir Alex. ia sudah dianggap seperti ayah sendiri oleh pemainnya. Keakraban dengan pemainnya juga sangat baik, sehingga komunikasi antara pelatih dan pemain berjalan baik. Positifnya dari buku ini adalah, cerita sang semangat Sir Alex yang tak pernah padam, dia juga menjadi orang yang sangat hebat dalam dunia sepak bola, ia menerjang tantangan-tantangan itu sehingga bisa mendapatkan apa arti dari tantangan itu sendiri. Negatifnya, buku ini tidak cukup cocok dibaca orang secara global, dan mungkin hanya cocok dibaca oleh penggemar sepak bola.

 

O p i n i

Setelah saya membaca buku ini, saya percaya bahwa usaha tidak menghianati hasil. Sosok Sir Alex Ferguson ini juga menjadi sosok panutan saya. Ia bisa melawan hal yang negatif menjadi yang positif. Yang bisa saya ambil dari buku ini adalah,  jika kita mau sukses, itu harus ada usahanya dulu. Mana mungkin kita langsung mendadak sukses. Nah, disitu ada proses jatuh bangunun tuk mencapai kesuksesan yang kita ingin capai. Buku ini cocok untuk dibaca oleh kalangan supporter sepak bola, karena di dalam buku ini dia bercerita tentang perjalanan melatih dalam bidang sepak bola. Jadi saya cukup termotifasi oleh bukunya. “ ujian bukan masalah dalam kehidupan, tapi ujian adalah hal yang membuat kita sukses untuk kedepannya”. Menurut saya genre novelnya tentang autobiografi, menceritakan tentang hidupnya di masa itu. Buku ini bisa dibaca oleh kalangan remaja sampai dewasa, karena bahasanya yang cukup kompleks jika dibaca oleh anak-anak. Bagian yang saya paling sukai adalah saat Manchester united menjuarai Liga Champion melawan Bayern munich. Kala itu Bayern munich mengungguli skor 1-0 sampai menit 90. Saat wasit memberi waktu tambahan, Sir Alex membangun permainannya dengan cara memotivasi pemainnya. Dan terbukti, dalam 4 menit timnya bisa mencetak dua gol dan menjuarai Liga champion pada tahun 1998-1999.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s